Kamis, 20 Juni 2013

Ruang Ilmu SEO MWB : SEO Dasar untuk Pemula alias New Bie

Tags : algoritma google, belajar ilmu seo, dasar ilmu seo.


Salah satu hal yang terpenting dari bisnis online adalah SEO (search engine optimization). Pada dasarnya SEO adalah upaya yang dilakukan untuk membuat website kita berada di peringkat tertinggi dalam hasil pencarian mesin pencari (Daum Alexa LYCOS AOL HotBot Go.Com Excite Altavista Ixquick Duckduckgo Yandex DogPile Bing Yahoo GoogleAlexa Search Toolbar) jika seseorang mencari dengan kata kunci yang di target. SEO menjadi penting karena 80% orang lebih mencari informasi di Internet dengan menggunakan search engine (mesin pencari).


Sebagian besar orang menggunakan Google (sekitar 80%) dan sisanya di bagi dengan search engine yang lain selain Yahoo dan Bing. Oleh karena itu dalam artikel ini akan di bahas optimisasi untuk Google dengan asumsi bahwa search engine yang lain itu tidaklah memberikan hasil yang signifikan.

Google mempunyai algoritma yang rumit yang sangat dirahasiakan oleh Google itu sendiri sehingga para pemilik website dan para analis SEO hanya menebak-nebak bagaimana algoritma Google bekerja. Namun tebakan yang dilakukan para konsultan SEO bukanlah semata-mata tebakan tetapi berdasarkan data dan percobaan serta sumber-sumber yang dapat dipercaya.

SEO pada dasarnya adalah ''memanipulasi'' website kita agar sesuai dengan yang search engine mau, lebih tepatnya sesuai dengan algoritma search engine itu sendiri. Algoritma search engine semisal Google di buat sedemikian rupa sehingga mendapatkan hasil yang paling relevan sesuai dengan yang pengguna inputkan di mesin pencari. Selain relevansi kata kunci mesin pencari modern seperti Google juga memberikan bobot terhadap kualitas konten, reputasi website, struktur website dan bagaimana statistik pengguna website itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan sebagai berikut:

Relevansi


Relevansi adalah keterkaitan keyword yang user input ke dalam search engine dengan sasaran website yang berada di database Google. Semakin relevan website itu semakin besar kemungkinan berada di halaman pertama hasil pencarian. Dalam teknik SEO yang umum relevansi biasa di asosiasikan dengan keyword pada website itu. Semisal keyword di domain, keyword di URL, keyword di konten, penekanan keyword (bold, italic, underline dll).

Reputasi




Kualitas


Dengan adanya relevansi dan reputasi algoritma search engine menjadi lebih baik, tetapi itu saja belum cukup karena semua hal diatas, tetap bisa dimanipulasi oleh orang. Untuk itu algoritma selanjutnya adalah kualitas.

Kualitas konten adalah algoritma yang sangat sukar dimengerti karena berbagai hal diantaranya: bahasa, penulisan, huruf, gaya bahasa, tata bahasa dll. Algoritma kualitas konten ini melibatkan berbagai disiplin ilmu seperti statistik, dan struktur tata bahasa yang rumit. Dengan adanya statistik dan manipulasi matematis maka dapat diprediksi kualitas konten berdasarkan parameter parameter bahasa, huruf, struktur makna kata, gaya bahasa dan tata bahasa.

User Behavior/Kelakuan pengguna


Lagi lagi kualitas yang dirumuskan diatas hanyalah algoritma dan rumusan matematis yang bisa salah perhitungan. Oleh karena itu Google menambahkan algoritma selanjutnya yang berkaitan dengan kelakuan user. Kelakuan user ini diperoleh dari banyak sumber. Salah satu sumber yang paling nyata adalah cookies (semacam file kecil yang di masukkan ke browser untuk men-tracking pengguna browser itu).

Sumber nyata yang lain adalah click-thru-rate (CTR), semakin besar CTR semakin tinggi juga nilainnya karena konten website kita dianggap relevan dengan yang user cari (low Bounce Rate).

Selain berbagai faktor utama diatas Google juga memberikan bobot kepada struktur halaman website, URL taxonomy, kecepatan website dll.

Sumber : Bachtiar Rifai
http://roadtohell.mywapblog.com/ruang-ilmu-seo-mwb-seo-dasar-untuk-pemul.xhtml

0 komentar:

e-referrer.com